Wednesday, December 21, 2011

Robot Batik Raih Emas di Olimpiade Robot Internasional 2011

Robot hemat energi bermotif batik yang dikaryakan oleh salah seorang siswa SMP Negeri 7 Kota Bandung, Azman Syah Barran berhasil menyabet medali emas pada kejuaraan “International Robotics Olimpiade:IRO” 2011 yang berlangsung di Jakarta, 15-16 Desember.
“Saya tidak menyangka menang, dan ketika panitia mengumumkan memang salah menyebutkan nama,” kata Azman kepada wartawan saat jumpa Pers di sekolahnya, Bandung, Senin.
Dalam kejuaraan itu diinformasikan oleh pembina robotica SMP Negeri 7, Eril Mozef bahwa sekolahnya mengirimkan 6 tim untuk berkompetisi pada ajang Junior dan Challenge dan dari enam tim itu semuanya berhasil memperoleh medali.
Selain mendapat emas, menurutnya, timnya pun berhasil menyabet medali perak di kategori “Energi Saving Robot” tingkat junior dan Challenge sedangkan tiga tim lainnya mendapat medali penghargaan karena masuk delapan besar.
Kemudian, ia mengatakan kemenangan yang didapat tim nya patut disyukuri, karena ia pun tidak menyangka bila anak asuhnya bisa menyabet gelar medali emas.
“Saya tidak menyangka karena pada saat kompetisi negara maju seperti Jepang, Korea Selatan, China, Singapura dan Amerika Serikat pun ikut,” katanya.
Ia mengakui, persiapan dari seleksi anggota tim hingga perlombaan hanya dua minggu sehingga sangat cepat dan singkat,”jadi kami tidak menyangka bisa mendapatkan medali emas,” lanjut pria yang juga sebagai Dewan juri kompetisi Robot Cerdas Indonesia (KRCI) itu.
Ia mengatakan, juara yang didapat anak asuhnya tidak lepas karena bahan dan bentuk model robot yang sangat efisien, praktis dan ramah lingkungan. “Jadi, robot ini tidak menggunakan batre melainkan solar cell, selain itu pihak panitia pun membatasi intensitas cahaya sehingga membuat kita harus menciptakan model robot yang sangat efisien,” paparnya.
Ia menjelaskan, robot yang dibuat oleh China dan Korea lebih canggih tetapi tidak efisien energi sehingga saat dioperasikan pun tersendat-sendat.
Sementara itu, Kepala Sekolah SMP terkait, Nandy Supriyadi mengaku bangga dengan prestasi anak didiknya. “Saya berharap prestasi ini terus ditingkatkan dan kegiatan robotika di sekolah ini memang baru tetapi dengan prestasi cemerlang ini diharapkan akan menarik banyak siswa untuk menggeluti robotika,” kata Nandy.
Atas peraihan emasnya itu, Azman pun melontarkan terima kasih pada semua pihak yang telah mendukungnya “Saya ucapkan terima kasih untuk guru, kepala sekolah, pembimbing dan rekan lainnya sehingga saya dapat medali emas ini,” tukas Azman

Reactions:

0 comments:

Post a Comment

terima kasih buat semua yang udah ngepost commentnya...
thank you very much.........